Posted in europe, photo, trip

Little bit taste of Europe – My favourite Barcelona

Entah sudah berapa kali saya dan teman-teman pergi ke kota yang menjadi favorit saya ini. Pertama kali memutuskan untuk pergi ke Barcelona adalah pada weekend ke-3 kami di Spanyol (walaupun sebenarnya kota pertama yang kami datangi di Spanyol adalah Barcelona ini — ya iya, bandaranya kan di sini pas kita datang). Letak Barcelona sekitar 1,5 jam naik bus dari Sant Feliu De Guixols dengan harga tiket 15,9 sampai Barcelona Sants Station (lumayan banget kalau sering-sering ke sana PP T_T).

Memang pantas Barcelona dijadikan salah satu tempat kunjungan wisata apabila jalan-jalan ke Eropa. So many attractive places there. Kunjungan pertama begitu sampai Barcelona adalah Arc De Triumpf yang tidak jauh dari Barcelona Sants Station. Yah, apalagi yang bisa dilakukan selain foto-foto dan menikmati pemandangan pertama kota Barcelona disertai sensasi udara dingin di sana.

IMG_2744
Credit photo by Ojan

Satu-satunya orang yang punya pengalaman ke kota ini adalah Rico yang memang sebelumnya sudah pernah jalan-jalan keliling Eropa (foto di atas paling kiri). Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Sagrada Familia. Karena waktu itu masih cukup pagi, jadi jalanan belum begitu ramai.

Pemandangan depan Arc de Triumpf
Pemandangan depan Arc de Triumpf
Cukup banyak sepeda motor di Barcelona, dan ada jalur khusus sepeda :)
Cukup banyak sepeda motor di Barcelona, dan ada jalur khusus sepeda 🙂

Sagrada Familia adalah sebuah gereja dengan arsitektur yang cukup menakjubkan. Salah satu karya Gaudi. Sayang sekali tempat ini sedang dalam renovasi, sehingga dari luar gambar yang bisa diambil tidak begitu bagus. Karena saya tidak ikut masuk ke dalam (antriannya luar biasa panjang), jadi saya menikmati saja suasana di luar sambil melihat-lihat sekitar area gereja yang dipadati cafe, restaurant, dan toko souvenir. Oiya, ada semacam museum fans club sepak bola Barcelona di dekatnya. Saya dan beberapa teman yang tidak ikut masuk gereja memutuskan untuk melihat-lihat dalam museum (sayang saya terpisah dengan Ferry yang membawa kamera saya sehingga tidak ada foto yang bisa saya ambil di sini).

IMG_0323
Photo by Ferry

IMG_0294

Iseng-iseng titipan temen-temen Pasukan 17 Angkatan 12 SMA 3 Solo :)
Iseng-iseng titipan temen-temen Pasukan 17 Angkatan 12 SMA 3 Solo 🙂

Menjelang siang atau sore, turis di sekitar Sagrada Familia ini sudah banyak lalu lalang dan sepertinya didominasi turis Asia. Iseng-iseng kami menebak-nebak turis-turis ini apakah dari China, Jepang, atau Korea hihi.

DSC_0409

Seperti ini arsitektur dalam Sagrada Familia (credit photo Ojan)
Seperti ini arsitektur dalam Sagrada Familia
(credit photo Ojan)

Sambil menunggu teman-teman yang antri masuk ke Sagrada Familia, kami berjalan menuju hostel tempat kami akan menginap malamnya untuk chek in dan menaruh barang-barang yang tidak perlu dibawa. Sebelumnya saya dan teman-teman memang merencakan untuk menginap semalam di salah satu hostel bernama BCN Sport Hostels yang cukup unik dengan tema sport-nya. Karena mau irit, kami menyewa 1 kamar yang bisa ditempati 10 orang (termasuk saya dan Sekar campur di 1 kamar dengan 8 orang teman cowok yang lain). Hostel ini berada di pusat kota. Jadi kalau mau kemana-kemana aksesnya cukup dekat.

IMG_0446Dari hotel, jalan-jalan dilanjutkan mengarah ke karya Gaudi lainnya, sekalian melihat-lihat barisan toko sepanjang jalan (dekat metro Passeig de Gracia) dan karena lapar, ujung-ujungnya McD adalah andalan kami walaupun rasanya tidak seenak McD Indonesia. Bagi yang sudah familiar dan suka dengan merk-merk baju asal Spanyol seperti H&M, Zara, Bershka, dll pasti akan merasa menemukan surga belanja di sini. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan bahkan jauh lebih murah daripada beli di Indonesia.

IMG_0416 IMG_0430 IMG_0437Perjalanan hari pertama tidak diakhiri dengan makan malam di restaurant all you can eat, dimana meja kami tidak sengaja bersebelahan dengan sepasang gay yang membuat teman-teman cowok cukup risih hihi…. Setelah makan malam, masih ada beberapa teman yang belanja sampai toko hampir tutup. Setelah puas shopping (walaupun saya hanya window shop), kami kembali ke hostel kecuali saya, Sekar, Rico dan Mas Arif yang lanjut untuk menonton film 50 Shades of Grey tanpa sensor dengan original language haha… Sebagai informasi, di Spanyol hampir semua bioskop menayangkan film-film keluaran baru yang sudah di-dubbing ke Spanish, kecuali mungkin beberapa bioskop menayangkan original language di hari-hari tertentu. Hanya sedikit sekali bioskop yang menayangkan film berbahasa selain Spanish dengan original language. Kalau bukan karena Sekar sangat penasaran dengan filmnya, saya tidak mungkin bela-belain nonton film yang cukup kontroversial (bahkan tidak boleh masuk ke Indonesia) sampai tengah malam dengan 2 orang laki-laki yang bersedia menemani kami 😛 — thank you Mas Arif dan Rico, kalau ga ada kalian entah bagaimana nasib Sekar dan gadis polos seperti saya tengah malam jalan di tengah keramaian malam kota Barcelona yang bisa dibilang cukup menyeramkan suasananya.

Hari ke-2 di Barcelona kami pergi ke Park Güell (another amazing artwork from Gaudi). Kalau ada yang pernah nonton serial nge-hits Meteor Garden, untuk seri yang kedua, Barcelona ini adalah salah satu lokasi shooting-nya. Saya dan teman-teman memberi judul perjalanan hari ke-2 ini dengan nama ‘napak tilas perjalanan ThaoMingTse mencari ingatan yang hilang tentang Shanchai’ hahaha – garing banget beneran. Perjalanan menuju ke sana menggunakan metro karena memang cukup jauh ditempuh jalan kaki dari hostel kami menginap… Akhirnya naik metro for the first time, ngutak atik mesin untuk beli tiket sampai akhirnya fasih dengan jalurnya berbekal peta yang selalu kami bawa dan petunjuk arah yang cukup jelas walaupun berbahasa Spanish.

IMG_0494

Photo by Ferry
Photo by Ferry
Satu lagi beneran jadi F4
Satu lagi beneran jadi F4
Lebih dekat :P
Lebih dekat 😛
IMG_0519
Sunny but still very cold

IMG_0538

Too many people
Too many people
IMG_0574
Photo taken by Chandra

Sebenarnya rumah Gaudi ada di area Park Güell ini juga, tetapi karena terlalu ramai dan saya pikir hasilnya akan jadi jelek bila difoto, tidak ada yang saya abadikan di rumahnya. Rencana awal untuk keluar tepat tengah hari dari lokasi ini pun meleset karena ternyata areanya sangat luas untuk ditelusuri sampai atas menuju pintu keluar. Tetapi semuanya sebanding dengan suasana dan pemandangan kota Barcelona dari atas yang cukup menakjubkan (masih takjub bisa sampai Barcelona hiyaaaaa).

Barcelona from above (Park Güell)
Barcelona from above (Park Güell)

Karena waktu terbatas sebelum bus terakhir menuju Sant Feliu de Guixols, kami buru-buru kembali ke pusat kota. Sampai di pusat kota kami berjalan-jalan di La Rambla yang katanya terkenal banyak copet (tapi berkali-kali ke sana ternyata kami aman-aman saja — mungkin muka kami terlihat seperti orang yang tidak cukup layak untuk dicopet hihi). La Rambla ini cukup padat saat weekend. Ada satu mitos mengenai water fountain di La Rambla ini. Apabila kita meminum air dari water fountain ini, maka kita akan kembali lagi ke Barcelona — benar saja, saya berkali-kali kembali ke Barcelona 🙂

IMG_0607
Mirip seperti di Girona, but this La Rambla is much larger and much more crowded
IMG_0615
Salah satu pelaku yang ingin kembali lagi ke Barcelona
IMG_0655
Topi barunya Endy mengalihkan perhatian

Ahhh, seandainya bukan saat musim dingin, perjalanan akan lebih lancar dan pasti lebih menyenangkan… Bersambung ke another trip in Barcelona 🙂

** Posted one day before I go home to celebrate Ied al-Adha at my hometown and having severe flare on my wrist and knee

Advertisements

Author:

Germany National Football Team supporter / K-Drama lover / Running and Yoga routine / RA fighter / RPG Programmer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s